3 Jenis Rak Gudang Heavy Duty yang Biasa Digunakan Di Gudang

Perkembangan retail di Indonesia menunjukkan kemajuan yang signifikan. Dibuktikan dengan kebutuhan gudang dan rak gudang sebagai tempat penyimpanan dan persediaan barang. Keadaan gudang beserta raknya adalah sesuatu yang sangat penting bagi pemilik bisnis retail ini. Semakin besar bisnis retail yang dimiliki, maka akan semakin besar pula gudang yang dibutuhkan. Itulah sebabnya rak gudang yang dibutuhkan pun harus memiliki struktur yang kuat untuk menyimpan berbagai jenis barang yang dijual. Jenis rak gudang yang dipakai adalah heavy duty atau rak pallet.

Rak gudang heavy duty adalah kategori penyimpanan dengan ukuran 20.000 kg per unit. Rak ukuran ini memang standar dipakai untuk keperluan penyimpanan barang yang cukup banyak atau memiliki ukuran yang besar. Rak gudang heavy duty pun masih dibagi ke dalam beberapa jenis.Sebagai pemilik bisnis retail tentu harus mengerti jenis-jenis rak gudang agar tidak salah pilih untuk menyimpan barang. Berikut ini adalah jenis rak gudang heavy duty beserta keunggulannya:

– Selective Pallet Racking
Selective Pallet Racking (SPR) adalah jenis rak gudang yang paling banyak digunakan. Rak ini cocok untuk berbagai jenis barang dengan penempatan yang fleksibel. Rak SPR termasuk yang dengan sistem yang efisien dan ekononomis. Keunggulan yangan dimiliki rak SPR adalah cocok untuk operasi First In First Out, memiliki visibilitas tinggi terhadap barang yang disimpan, dan lokasi multi produk.

– Double Deep Racking
Double Deep Racking System (DDRS) memiliki sistem yang mirip dengan SPR. Perbedaan antara SPR dan DPR adalah DDR dirancang untuk menyimpan dua baris standar SPR dengan menggabungkan dua bagian belakang. Keunggulan menggunakan sistem DDR adalah mampu menyimpan kepadatan penyimpanan dan kapasitas hingga 30% dibandingkan SPR. Selain itu cocok untuk metode Last In First Out (LIFO)

– Cantilever Racking System
Cantilever Racking System adalah rak yang dirancang khusus untuk menyimpan berbagai macam bentuk barang dengan panjang yang proporsional. Oleh karena itu, rak ini didesain dalam sistem yang dibentuk menyesuaikan ukuran barang tersebut. Rak gudang jenis ini lebih cocok untuk menyimpan barang berongga seperti ban, pipa, tiang, dan semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *