Upaya Dalam Membuka Akses Bagi Penyandang Disabilitas

Pada jaman globalisasi yang membawa banyak perubahan secara signifikan di kehidupan masyarakat, membuka mata masyarakat agar tidak memandang negative terhadap golongan tertentu, tetapi juga menyeluruh yang mencakup lapisan masyarakat termasuk penyandang disabilitas blog ini. Disabilitas mempunya arti sebagai keterbatasan diri yang bersifat fisik, bisa juga kognitif, mental, emosional bahkan sesorik.

Di era yang maju seperti sekarang ini banyak perubahan yang menjadi persaingan dalam berbagai bidang termasuk bidang pekerjaan yang tidak bisa dipandang dengan sederhana terutama bagi penyandang disabilitas. Ada beberapa faktor yang sejatinya menjadikan penyandang disabilitas tidak dapat bersaing secara maksimal di dunia kerja, salah satunya adalah akses yang terbatas. Hal ini terlihat bagaimana mendapatkan suatu pekerjaan bagi penyandang disabilitas tidak memiliki ruang gerak yang mumpuni atau terbatas. Banyak perusahaan dan lembaga yang menjauhi penyandang disabilitas untuk diangkat menjadi pekerja di perusahaan mereka. Kebanyakan perusahaan menaruh lowongan pekerjaan dengan kriteria sehat jasmani dan rohani yang mana ini menurunkan motivasi dari seorang penyandang disabilitas. Padahal sebenarnya penyandang disabilitas tidak perlu mendapatkan diskriminasi seperti ini.

Alasan kedua adalah fasilitas yang disediakan perusahaan memang terbatas. Masalah fasilitas ini seringkali menjadi yang paling terlihat, terutama bagi perusahaan yang memiliki bangunan bertingkat dan hanya memiliki escalator atau tangga manual yang mana para penyandang disabilitas ini tidak bisa menjangkau karena harus menggunakan tongkat maupun kursi roda. Untuk memfasilitasi itu, perusahaan seharisnya mengeluarkan anggaran atau paling tidak menyisihkan anggaran mereka untuk membuat fasilitas yang mendukung kinerja penyandang disabilitas dalam keseharian bekerja mereka. Alasan ketiga yang terlihat adalah lingkungan kerja yang tidak ramah dengan disabilitas. Lingkungan ini memberi pengaruh yang sangat besar untuk kaum disabilitas. Masih banyak orang yang menganggap penyandang disabilitas adalah orang-orang yang cacat dan tidak bisa bekerja. Lingkungan yang tidak mendukung mental mereka ini akan membuat pekerja dengan disabilitas merasa dikucilkan dan asing sehingga ini akan berdampak pada pembangunan mental mereka ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *